SEJARAH SMP FRATER MAKASSAR

SMP Frater

SMP Frater Tahun 1962
Dikatakan sekolah pangeran Makassar, dulunya SMP Frater Makassar hanya menerima siswa dan diperuntukan khusus anak laki-laki.. Kepala sekolahnya yang pertama seorang Frater berkebangsaan Belanda bernama J. M. de Lange (Fr. Harold CMM). Uang Sumbangan Pembangunan (uang Pangkal) dan uang sekolah boleh dikatakan tidak ada, tidak ditentukan nilai rupiahnya berapa, milih sendiri bahkan kalau tidak bersedia memberi Sumbangan Pembangunan dan tidak bersedia membayar uang sekolah tidak perlu khawatir dan tak perlu takut jika tidak diterima dan terancam akan dikeluarkan dari sekolah karena tidak membayar uang sekolah bagi yang kurang mampu. Kesetiakawanan Sosial SMP Frater amat tinggi.

Fr. Harold bersama foto-2 alumni '50 - '54 di ruang kerja Kep Sek
Keunikan SMP Frater, test masuk bukan mata pelajaran yang diujikan jadi tidak perlu belajar semalam suntuk mempersiapkan diri untuk hadapi test masuk. Gampang deh test masuknya tak perlu belajar. Mau tahu test masuk SMP Frater yakni Psikotes, gampang toh ... hanya cocokin gambar-gambar dan hitungan cepat luar kepala misalnya 1 + 5 - 3 + 2 .... tuh gampang sekali kan.Pelajaran anak kelas satu SD ... hehehehehe ... banyak juga yang berjatuan hadapi test saringan masuk SMP Frater.alias banyak yang tidak lulus test.Jangan harap bisa letjen (lewat jendela) ... jangan berharap.

Ciri khas murid SMP Frater Makassar, rambut gondrong, dasi kupu-kupu, lengan panjang warna putih, celana pendek warna biru-tua, kaus kaki panjang sebatas lutut warna putih. Sepatu warna hitam. Jika guru beralangan mengajar, jangan harap bisa pulang, percetakan sudah menunggu lipat-lipat buku ....

Kenalannya juga unik ... kenalan anak laki-laki, meski demikian tidak seperti negeri Cowboy Texas sana. Palingan usil terhadap teman lain kelas. Pada saat pulang sekolah kelas mana yang agak telat keluar ... dorong ya sepedanya cari tukang sepeda untuk beli pentil ban sepeda karena ban sepedanya sudah dikempisin dan pentilnya diambilin oeh kelas yang agak cepat keluar. Penjual es putar dan jual nyuk nyang sering mengeluh kehilangan gelas dan mangkuk.
SMP Frater 2012
Kepala Sekolah
1. J. M. de Lange (Fr. Harold CMM)
2. Jonas Nifinluri
3. Fr. Kornelis Wulgole Banin HHK
4. Fr StanisLaus La Osu HHK, S.Pd
5. Fr. Paulino Mega, HHK, S.Pd
6. Fr. Hironimus Tangi, HHK, S.Pd, M.Pd

 
Pak. Jonas Nafinluri - Kepala Sekolah ke II
Guru senior yang masih aktif dapat kami sebutkan antara lain :
- Ibu Maria Tiwow,
- Ibu Nurani Ahmad,
- Bapak Badduring Tassap

Guru yang Pernah Ngajar SMP Frater:
- Bapak Herman Hampp, MA
- Bapak M.J. Melang
- Bapak J. Rambing
- Bapak Mailoor
- Bapak J. Gerungan
- Bapak Heiko Yap
- Bapak Katende
- Bapak Samosi
- Bapak Andilolo
- Bapak J. Itang
- Bapak P. Malisan
- Bapak Gerzon Albert Opit
- Bapak Lodewyk Pitoy
- Bapak Bachtiar Pasra
- Bapak Azon Adilang
- Ibu Sam Merung
- Bapak Yosep Lapu
- Bapak Julius Pampang
- Bapak Yan Tua
- Ibu Tamboto Kilisan
- Bapak Yusuf
- Bapak Anselmus Ramba
- Bapak jonas Nifinluri
- Bapak Candikusuma
- Ibu Dafrosa Runtu
- Bapak E.C. Runtu
- Bapak Yance Palar
- Bapak Nico Koning
- Bapak Pangemanan Tumanan
- Bapak Malisan
- Bapak Massale

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMP FRATER MAKASSAR

LATSITARDANUS 2019 dan OJT Akmil